Minggu, 12 Februari 2012

OCEAN ENERGY : Solusi Krisis Energi

SEBAGAI negara kepulauan terbesar dengan karakteristik alam yang luar biasa, Indonesia memiliki sumber energi alternatif laut yang berlimpah. Ocean energy resources yang dimiliki Indonesia bisa dibilang terbaik dan terbesar di dunia. Namun, upaya dalam mengembangkan energi alternatif ini belum dikaji secara serius.
Cadangan minyak, sebagai sumber energi utama yang dimiliki Indonesia selama ini diperkirakan tinggal 25 tahun lagi. Selanjutnya, dari mana negara ini mendapatkan energi alternatif? Jawabannya adalah ada di laut.
Wilayah Indonesia sekitar 7,7 juta kilometer persegi, terdiri dari 25 persen teritorial daratan (1,9 juta km2) dan 75 persen adalah teritorial laut (5,8 juta km2). Dari luas laut tersebut, 2,8 juta km2 merupakan perairan nusantara (perairan kepulauan) dan 0,3 juta km2 laut teritorial, serta 2,7 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).
Karena itu, ocean energy merupakan sumber energi baru yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Salah satunya listrik, di mana potensi energi laut ini mampu memenuhi empat kali kebutuhan dunia. Tidak mengherankan bila negara-negara maju berlomba memanfaatkan energi laut sebagai sumber energi alternatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar