Minggu, 12 Februari 2012

INDONESIA SEBAGAI NEGARA MARITIM

Sebagai Negara kepulauan, Indonesia memiliki daerah pesisir yang sangat luas dengan garis pantai sepanjang 81.000 km, terpanjang nomor dua di dunia setelah Kanada.

17.508 lebih pulau yang saling bergandengan mesra dikelilingi bentangan 3,9 juta km² luas lautan (dari 5,7 juta km² luas perairan di seluruh Nusantara atau 7,9 juta km² temasuk Zona Ekonomi Eksklusif) seharusnya memberikan kebanggaan dan harapan masa depan bagi bangsa Indonesia.
Anugerah Tuhan, sebagai warisan yang memiliki kekayaan sumber daya tak terbatas seharusnya mampu memberikan kepercayaan anak-cucu untuk hidup sejahtera membangun bangsa ini sampai akhir zaman.
Pertemuan lempeng Pasifik, lempeng Eurasia dan lempeng Samudra Hindia-Australia menjadikan Letak Geografis Indonesia begitu unik dan memberikan kekayaan fenomena alam tak terbatas.
Rantai kepulauan Nusantara dari ujung barat sampai ke timur terbentang jalur magnetik, jalur seismik dan jalur anomali gravitasi negatif terpanjang di dunia, telah memberikan kekayaan variasi jenis-jenis kedalaman laut dengan beragam biota laut dan keindahan estetikanya.
Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin (2002) mengemukakan bahwa Nusantara memiliki keunikan yang begitu menakjubkan, telah mempengaruhi iklim global, karena dari sinilah lahir El Nino, La Nina dan variasi-variasi iklim lain di daerah. Di samping itu kepulauan Nusantara mempunyai struktur pinggiran yang berpotensi mengandung sumber-sumber daya alam seperti mineral, air, uap alam, minyak dan gas alam.
Karena letaknya di daerah tropika, kepulauan Nusantara memiliki hutan tropika yang sangat subur dan dilengkapi dengan kehidupan flora dan fauna yang begitu beragam.
Dari sektor perikanan, dengan luas perairan Nusantara sekitar 5,8 juta km², menurut catatan Departemen Kelautan dan Perikanan (2001), Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin dalam bukunya EKONOMI MARITIM (2002), memberikan catatan adanya opportunity yang terabaikan sebesar 41% atau sekitar 2,6 juta ton per tahun dari potensi ikan sebanyak 6,7 ton per tahun.
Kalau kita bandingkan dengan Cina yang hanya memiliki perairan 503.209 km² (8,81 % dari luas perairan Indonesia) namun mampu menghasilkan 24 juta ton lebih ikan per tahun, memberikan indikasi betapa kita kurang mampu menciptakan peluang kekayaan potensi dan sumber daya kemaritiman yang kita miliki.
Belum lagi jika kita melihat data geologi dari Panitia Pengembangan Riset dan Teknologi Kelautan serta Industri Maritim (1995), yang menyatakan bahwa di Indonesia terdapat 60 cekungan yang berpotensi mengandung minyak  dan gas bumi (hidrokarbon). Dari 60 cekungan itu, 15 di antaranya telah berproduksi; 23 cekungan sudah dibor dan 22 cekungan belum dilakukan pemboran. Diperkirakan 60 cekungan itu berpotensi menghasilkan 106,2 miliar barel  minyak mentah, namun baru 16,7 miliar barel yang diketahui dengan pasti; 7,5 miliar barel di antaranya sudah dieksploitasi dan sisanya sebesar 89,5 miliar barel belum terjamah.
Begitu juga di sektor Transportasi dan Perhubungan Laut, luas lautan dengan segala isinya yang kita miliki tidak sebanding dengan jumlah terbatas dari armada dan pelabuhan kita saat ini.
Data dari Ditjen Perhubungan Laut pada tahun 1999, mencatat jumlah armada pelayaran sebanyak 5.392 unit; armada non pelayaran sebanyak 1.066 unit; pelayaran rakyat (Pelra) 2.793 unit; perintis 37 unit dan Pelni 22 unit. Sedang pelabuhan yang tersedia hanya sekitar 3.247 unit.
Dari pangsa pasar muatan angkutan dalam negeri, pelayaran hanya mampu mengangkut muatan sebanyak 50,15%, sedang untuk pengangkutan luar negeri hanya 4,79% saja.  Namun, pelayaran asing untuk mengangkut pangsa pasar angkutan ke luar negeri berhasil mengangkut sekitar 95,21%. Angka yang sangat memprihatinkan bagi pelayaran nasional kita.
Catatan Negara Indonesia sebagai negara dengan tingkat kecelakaan dan perampokan di laut yang cukup tinggi (high risk country) oleh International Maritime Organisastion (IMO) semakin memberikan gambaran yang sangat memprihatinkan dari peluang ekonomi di sektor kebaharian.
Gambaran singkat di atas memberikan makna yang sangat komprehensif menilai bahwa di satu sisi bangsa kita sesungguhnya bangsa yang memiliki kekayaan berlimpah atas anugerah Tuhan jauh sejak ribuan tahun lalu. Namun, di sisi lain tampak bahwa kita kurang cerdas memanfaatkan sumber daya yang ada untuk sebanyak-banyaknya bagi kepentingan rakyat di seluruh Nusantara ini.
Kalau kita kilas balik, terlihat jelas bahwa bangsa kita pernah menjadi bangsa besar yang tumbuh dan berkembang menciptakan kestabilan politik dan keamanan begitu luas. Sama kita ketahui, kestabilan hanya dapat dirasakan apabila sektor ekonomi, sosial  dan budaya mampu menyentuh wilayah yang paling mendasar, yaitu masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar